Begini Cara Bangun Rumah 30 Juta

Untuk kali ini baleagung akan memberikan cara bangun rumah 30 juta. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa memiliki rumah adalah kebutuhan untuk semua orang sendiri sebagai bentuk hidup tenang di masa tua. Fungsi atau kegunaan rumah memanglah sebegitu pentingnya, dari sarana tempat tinggal hingga tempat untuk berkumpul dengan keluarga tercinta.

Walau begitu, kita memang tidak bisa mengelak bahwa memiliki rumah juga bukanlah perkara yang mudah bak mecari jarum didalam tumpukan jerami. Terlebih apabila kita tinggal didaerah perkotaan yang dekat dengan pusat kota.

Jangankan untuk membeli rumah, harga untuk sebidang tanah saja sudah sangat mahal sekali. Padahal untuk Indonesia yang pendapatan penduduknya hanya rata-rata 4 juta saja perbulan, ketersediaan hunian malah cenderung langka.

Mahalnya harga hunian itu membuat banyak orang malah beralih untuk mengontrak dan tidak membeli rumahnya sendiri. Tapi apakah memang sesulit itu untuk memiliki hunian murah? Jawabannya sayangnya iya, tetapi selalu ada jalan untuk menyiasatinya.

Disini saya akan membahas bagaimana untuk memiliki hunian dengan membangun rumah sendiri dengan budget hanya 30 juta rupiah saja. Namun harus diingat bahwa bangun rumah 30 juta tersebut saya asmusikan bahwa Anda sudah memiliki sebidang tanah sebelumnya.

Namun jika Anda belum memiliki sebidang lahan yang bisa dibangun untuk sebuah rumah maka tidak usah khawatir. Kini banyak tanah yang dijual dengan harga yang murah. Anda bisa mendapatkan harga yang rendah baik itu pada developer property di bidang kavlingan atau pun perorangan.

Tentu tulisan ini akan berguna buat kamu yang sangat ingin memiliki hunian murah namun tetap nyaman dan layak huni.

Jenis-jenis Rumah Murah 30 Juta

1. Rumah Minimalis

Nah, untuk yang pertama, yang tidak lain dan tidak bukan adalah rumah minimalis. Type rumah tapak minimalis tentu masih menjadi favorit bagi sebaian besar masyarakat Indonesia.

Kenapa harus rumah minimalis? Itu karena membangun rumah hanya 30 juta saja Anda tak bisa memiliki rumah dengan luas yang tidak terlalu besar. Semakin besar rumah yang dibangun maka semakin banyak juga budget yang harus dikeluarkan.

perumahan di pemalang

2. Rumah Kontainer

Apa yang Anda fikirkan Ketika mendengar kata kontainer atau peti kemas? Mungkin yang pertama kali melintas di benak Anda adalah mobil tronton dengan kontainernya yang mengirim banyak barang. Tapi memang benar begitu adanya.

Rumah kontainer saat ini hadir sebagai alternatif bagi kamu yang bosan bila harus memiliki rumah dengan design yang biasa-biasa saja. Kesan yang ditinggalkan dari sebuah container akan membuat rumah tampak industrial, modern dan lugas.

Namun Anda harus benar-benar membuat rancangannya sedemikian rupa, baik dari teknisnya maupun dari rancangan biayanya. Itu karena konstruksi rumah kontaier memiliki karakteristik yang berbeda dari rumah biasanya.

Sanitasi atau saluran air yang ada didalam rumah komtainer harus direncanakan dengan baik agar rumah tetap dapat digunakan dengan baik. Tak hanya sanitasinya saja banyak hal lagi yang harus Anda perhatikan seperti instalasi listrik, instalasi air hujan, hingga septic tank.

Bangun Rumah 30 Juta

Disisi lain, Anda juga harus cermat dalam mengeluarkan uang yang Anda keluarkan. Bila memang Anda benar memiliki budget hanya diangka 30 juta, pastikan Anda memilih container dengan harga terbaik, pasalnya satu container box saja sudah bisa mencapai nilai 20 jutaan. Satu kesalahan dalam penghitungan rencana anggaran bisa saja membuat semua keinginan Anda tergganggu.

3. Rumah Kayu Sederhana

Selanjutnya yang bisa menjadi opsi untuk Anda untuk membangun rumah murah dengan biaya 30 juta adalah rumah kayu sederhana.

Pada faktanya, masih banyak orang yang menyukai rumah berbahan dasar kayu ini termasuk saya pribadi. Banyak alasan yang membuat kita menyukai rumah jenis kayu ini.

Alasan yang pertama adalah hemat, baik itu hemat waktu ataupun hemat biaya, yang jelas rumah kayu ini sangat efisien. Namun bila Anda ‘hanya’ memiliki biaya 30 juta untuk membangun rumah kayu, maka rumah yang Anda bangun kemungkinan tidak akan terlalu luas.

Alasan yang kedua adalah memberikan kesan natural. Kesan alami yang dilukiskan dari rumah kayu sederhana ini memang sangat memanjakan mata kita. Seakan-akan kesan tersebut menyatu dengan alam sekitar sehingga rumah menjadi sangat nyaman.

Alasan lainnya datang dari sisi konstruksi, rumah kayu tetap dianggap sebagai bangunan yang kokoh dan kuat. Walaupun bobotnya tergolong ringan sebagai suatu rumah, namun rumah kayu sederhana ini ternyata memiliki daya tahan yang sangat kuat. Apalagi bila Anda menggunakan kayu dengan kualitas yang baik. Selain perawatan rumah kayu juga tidak terlalu banyak seperti rumah biasa, namun tetap saja alangkah baiknya untuk tetap melakukan perawatan secara berkala.

rumah kayu 30 jutaan

Estimasi Rincian Biaya Membangun Rumah 30 Juta

Setelah kita membahas rumah apa saja yang bisa Anda bangun dengan budget kurang lebih 30 juta. Selanjutnya kita akan menghitung estimasi biaya untuk membangun rumah senilai 30 juta, namun yang kita bahas kali ini adalah rumah tapak sederhana.

Panduan ini mungkin akan sangat berguna pada Anda bila ingin membangun rumah pada suatu hari nanti. Agar tidak terjadi overbudget dalam eksekusi pembangunan rumahnya nanti.

1.Pondasi

Bagian pertama pada saat kita membangun rumah adalah pondasi. Secara tidak langsung pondasi ini nantinya akan menanggung semua beban rumah yang ada diatasnya. Sehingga pengontrolan dalam pembangunan pondasi ini harus benar-benar diperhatikan tentunya. Apabila terjadi kesalahan konstruksi pada pondasi, bisa-bisa berkaibat fatal nantinya, so awasi betul pembangunan rumah Anda sendiri.

Pertimbangkan betul pemilihan material untuk pembangunan pondasi Anda, tentunya material yang biasanya akan digunakan adalah batu kali, pasir dan semen dengan perkiraan biaya sekitar 2,5 juta rupiah.

2. Tembok

Pada tahap selanjutnya setelah kita membangun pondasi (jangan lupakan saluran pembuangan airnya), tentunya kita mulai membangun tembok. Saya rasa sudah jelas bahwa fungsi tembok adalah memberikan batas antar ruangan.

Dalam hal ini pastikan menghitung kebutuhan bata (atau ingin lebih murah lagi bisa menggunakan batako atau putih) dengan tepat sasaran. Jangan sampai pembelian bata malah kelebihan atau malah kekurangan.

Bila Anda membangun rumah dengan luas kurang lebih 21 m2 akan membutuhkan sekitar 4.000 bata denganperkiraan biaya sekitar 2,5 juta rupiah ditambah dengan material tambahan lainnya seperti semen dan pasir sekitar 1,5 juta. Sehingga total yang dibutuhkan untuk membangun biaya tembok adalah 4 juta rupiah. Untuk pemilihan warna tembok anda bisa membaca Warna Cat Rumah Bagian Luar Yang Cerah dan Bagus Dengan Kombinasi nya dan Memilih Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

3. Kusen

Setelah terbangunnya tembok, tahap selanjutnya adalah memberikan kusen pada bagian yang nantinya akan dipasang pintu. Dalam bangun rumah 30 juta ini kusen yang akan digunakan adalah kusen untuk penggunaan pintu dan jendela.

Bila ukuran rumah kurang lebih type 21 maka diperkirakan akan mebutuhkan 4 kusen jendela dan 2 pintu dengan perkiraan biaya sekitar 2 juta.

4. Atap

Banyak opsi yang bisa digunakan untuk atap dalam membangun rumah hanya 30 juta saja, kita bisa menggunakan beberapa opsi seperti atap cor, atap genteng, hingga atap asbes. Namun kami merekomendasikan untuk menggunakan atap berbahan asbes ataupun genteng tanah, pemilihan atap cor akan menghabiskan banyak biaya Anda.

Perkiraan biaya yang akan kita keluarkan untuk membeli bahan untuk kebutuhan atap ini sekitar 5 juta rupiah.

5. Material Kamar Mandi

Perhatikan betul apa saja yang akan Anda beli untuk kebutuhan kamar mandi ini. Ada kebutuhan seperti kloset, keramik kamar mandi, hingga kran dan pipa paralon juga jangan sampai terlewat. Estimasi biaya yang dibutuhkan bisa mencapai 2 juta rupiah.

6. Finishing Lantai

Dalam finishing lantai yang satu ini Anda tidak perlu untuk terlalu terburu-buru. Anda bisa menggunakan dulu finishing lantai acian halus dengan budget sekitar 1 juta rupiah. Namun bial ingin memaksakan, Anda bisa menggunakan keramik dengan ukuran 30×30 dengan biaya kurang lebih 3 juta rupiah.

7. Upah

Dalam membangun rumah, tentu Anda tidak akan bisa melakukannya sendirian, oleh karena itu Anda perlu menyiapkan juga biaya upah untuk tenaga pembangunan. Bila estimasi pembangunan selama 20 hari maka akan didapatkan hasil sebagai berikut:

a. Tukang: Rp85.000,- x 2 (orang) x 20 (hari) = Rp3.400.000,-

b. Buruh: Rp65.000,- x 2 (orang) x 20 (hari) = Rp.2.600.000,-

Oleh karena itu pastikan bahwa waktu pembangunan jangan sampai terlalu lama sehingga menambah biaya upah.

8. Listrik

Jangan lupakan juga untuk penambahan biaya listrik Anda, dengan biaya kurang lebih Rp.1.750.000,-

Jadi estimasi untuk membangun rumah type 7m x 3m ini membutuhkan biaya kurang lebih sekitar 24.250.000,-.

Maka angka itu bisa Anda gunakan sebagai acuan Anda untuk membangun rumah sederhana. Biaya tersebut juga belum termasuk dengan material-material kecil lainnya seperti paku, papan, hingga cat dinding. Dengan biaya 30 juta, Anda masih memiliki biaya sekitar 6 juta lagi yang bisa dialokasikan untuk hal tersebut.

Promo rumah murah cashback hingga 50 juta! Hubungi kami sekarang juga!

C. Tips Menghemat Budget

1. Pilihlah Type Bangunan yang Sesuai

Dikarenakan kita hantya memiliki budget kurang lebih diangka 30 juta saja maka Anda tidak bisa memaksakan untuk memiliki luas bangunan yang terlalu besar. 

Pilihan yang ideal untuk hal ini adalah memilih type 21 sebagai hunian mu, walaupun Anda memiliki lahan yang lebih luas daripada itu. Intinya jangan terlalu memaksakan untuk memiliki rumah yang luas. Anda masih bisa untuk merenovasi rumah tersebut setela memiliki budget yang cukup lagi.

2. Menggunkan Desain Minimalis

Desain rumah minimalis akan jadi desain yang sangat cocok untuk kamu, prioritaskan untuk pada kefisienan ruang dan gerak pada rumah Anda terlebih dahulu. Desain minimalis juga akan bisa bersahabat dengan anggaran biaya yang kamu keluarkan.

3. Hindari Penggunaan Jasa Arsitek

Penggunaan jasa arsitektur pada rumah seperti ini sangat tidak dibutuhkan . Jika Anda memang bingung bagaimana bentuk rumah yang Anda inginkan, maka aka nada ratusan hingga ribuan referensi design yang bisa Anda cari di internet.

4. Gunakan Material yang Murah tapi Berkualitas

Poin yang satu ini juga krusial untuk bangun rumah 30 juta. Bagaimanapun bahan material yang lebih murah akan lebih menghemat pengeluaran yang kamu anggarkan.

Namun pastikan bahwa material murah terseubut bukanlah material abal-abal. Penggunaan material yang abal-abal akan mempengaruhi kekuatan konstruksi Anda.

Apakah dengan membeli rumah over kredit bisa lebih menghemat biaya? cek infonya di Pengalaman Over Kredit Rumah Lengkap

5. Awasi Pembangunan dengan Ketat

Seiring kecurangan yang marak terjadi yang dilakukan para pekerja bangunan terhadap kliennya. Membuat kamu harus lebih selektif lagi dalam memilih pekerja dan yang terpenting awasi secara rutin pengerjaan rumahmu agar tidak terjadi kecurangan.

6. Jangan Terlalu Memaksa untuk Finishing

Demi menghemat pengeluaranmu, maka jangan terlalu terburu-buru untuk mem-finishing rumahmu.  Seperti finishing tembok atau finshin lantai, asalkan layak digunakan maka Anda tidak perlu buru-buru untuk menyelesaikannya.

7. Hindari Pemakaian Sekat

Dikarenakan rumah yang Anda huni adalah rumah minimalis yang cukup mungil, maka kurangilah penggunaan sekat dalam rumah agar kesan yang ditinggalkan tetap luas.

8. Terjun Langsung

Nah yang terakhir adalah terjun langsung ke dalam proses pembangunan. Demi mengurangi biaya yang Anda alokasikan untuk biaya tukang. Anda bisa terjun langsung dan iku membangun rumah hanya 30 juta ini yang akan Anda huni nanti.

Daripada pusing membangun rumah mending beli! 500 ribu sudah bisa mendapatkan rumah! Cek Disini

Desain Rumah dengan Biaya 30 Juta

Desain Bangun Rumah 30 Juta
Gambar model rumah 30 juta ke 1
Desain Rumah dengan Biaya 30 Juta
Desain model rumah 30 juta ke 2
model rumah 30 juta
Desain model rumah 30 juta ke 3

Artikel ini juga menjadi sebuah jawaban atas pernyataan Bisakah membangun rumah dengan dana 30 juta? Dan yap jawabannya tentu bisa! Sekian tips dari bale agung tentang Cara Bangun Rumah 30 Juta di tahun 2020 menjelang 2021. Bagi anda yg mempunyai lahan 150 m2 bisa cek biaya pembangunannya klik disini. Semoga bermanfaat kawan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami