cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji Kecil

Membeli rumah merupakan mimpi semua orang, dari yang muda sampai yang tua dan mencakup semua kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, selain bisa dijadikan sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa dijadikan sebagai media untuk berinvestasi dimasa depan yang dimana hal tersebut rasanya sudah menjadi rahasia umum.

Bisa dikatakan membeli rumah merupakan sesuatu langkah yang baik dan benar hal itu dikarenakan hampir tidak adanya masalah setelah kita membeli barang tersebut, salah satunya adalah menurunnya harga jual dari barang tersebut setelah beberapa tahun pemakaian.

Namun kita semua juga mengetahui bahwa membeli rumah bukanlah perkara mudah, faktanya harga jual dari waktu ke waktu pun semakin naik. Hal ini sebenarnya wajar-wajar saja mengingat semakin terbatasnya lahan yang tersisa untuk kawasan perumahan.

Jadi jika ada orang yang berkata bahwa waktu yang tepat untuk membeli rumah adalah sekarang juga sepertinya tidak salah bukan?

Lalu bagaimana jika mereka yang berpenghasilan rendah ingin memiliki rumah juga? Apakah ada hal-hal yang harus diperhatikan?

Disini kami akan mengupas tuntas tentang bagaimana cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil bagi mereka yang berpenghasilan 1 jutaan hingga 6 jutaan perbulannya.

1. Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta

Pada bagian yang pertama ini kita akan membahas bagaimana caranya menabung dan membeli rumah dengan gaji satu jutaan. Tentu ini akan menjadi pembahasan yang sangat menarik karena dengan uang satu jutaan Anda bisa memiliki rumah sendiri, inilah poin-poin yang harus kamu perhatikan:

a. Tidak Membuang Banyak Uang untuk Keperluan yang Tidak Penting

Pergunakanlah uang yang kamu dapat dengan sebaik mungkin karena ini adalah hal yang paling krusial dari semuanya, jangan sampai uang yang Anda dapatkan habis karena dibelanjakan untuk hal-hal sekunder atau malah tersier yang sebenarnya kamu pun belum membutuhkannya.

Jika Anda berhasil me-manage keuangan bulanan dengan baik tentu saja mimpi untuk memiliki rumah bukanlah hal yang mustahil. Sesuaikan strategi pengeluaran uang Anda dengan kebutuhan pokok Anda.Jika perlu catatlah kebutuhan Anda selama satu bulan kedepan, sehingga uang yang keluar menjadi terkontrol dan tabungan Anda menjadi semakin tinggi setiap bulannya.

Seperti kata pepatah bukan? “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.”

b. Membeli Rumah dengan Bantuan Subsidi Pemerintah

Tahukah kamu bahwa pemerintah sebenarnya juga turut serta membantu masyarakat kelas menengah kebawah untuk memiliki hunian yang layak untuk ditempati. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memiliki rumah dengan gaji pas-pasan.

Melalui Program Sejuta Rumah, pemerintah kini meresmikan program kepemilikan rumah bagi masyarakat kelas menengah kebawah.

Bantuan subsidi dari pemerintah bisa berbeda-beda tergantung bagaimana pihak perbankan yang menyalurkan bantuan subsidi. Ada bantuan yang berupa keringanan pada bunga angsuran sehingga angka angsuran bisa tetap flat hingga akhir masa pinjaman. Ada juga bantuan yang berupa keringanan pada uang muka, sehingga memotong pokok hutang dan angsuran yang harus dibayar setiap bulannya pun tetap rendah.

Tentu bantuan ini sangat membantu bagi mereka yang berpenghasilan satu jutaan untuk memiliki rumah, seperti produk rumah subsidi kami di Pemalang, melalui proyek Kota Bale Agung, Bale Agung Group juga turut serta membantu memenuhi kebutuhan akan hunian yang layak namun dengan harga yang murah.

b. Membeli Rumah dengan DP Rendah

Beberapa tahun lalu semenjak saya memulai untuk mencoba ikut berkecimpung di bisnis property, saya menyadari bahwa DP yang besar menjadi masalah terbesar bagi seseorang untuk memiliki rumah, terlebih lagi ada beberapa developer yang belum memasukan biaya-biaya pembelian seperti BPHTB ataupun administrasi perbankan untuk proses KPR kedalam uang muka. Dengan ini diharapkan bisa meminimalisir pengeluaran untuk anda dengan gaji 1 juta bisa beli rumah.

Besar biaya uang muka yang harus kita bayar biasanya berkisar diantara 20% hingga 25% dari harga total, belum termasuk pajak-pajak biaya pembelian tadi. Jadi sangat disarankan untuk mencari rumah dengan uang muka yang rendah. Selain bisa untuk menghemat pengeluaran, uang yang tersisa ditabungan Anda akan berguna untuk kebutuhan setelah serah terima rumah seperti membangun dapur ataupun mengisi rumah dengan perabot rumah tangga.

Disini, kami dari Bale Agung Group juga memiliki produk yang hadir dengan uang muka rendah, hanya dengan 500 ribu Anda sudah bisa memiliki rumah di PPI Japura Lor.

c. Memanfaatkan Join Income

Bagi Anda yang sudah menikah dan memiliki pasangan yang aktif bekerja, maka Anda dan pasangan dapat memanfaatkan pendapatan yang masuk dari 2 arah.

Pendapatan join income ini sangat membantu keuangan keluarga, bukan hanya untuk mempermudah angsuran yang harus Anda bayar setiap bulannya, pendapatan join income ini juga akan memberikan nilai tambah pada kualitas pengajuan KPR Anda nantinya.

d. Tidak Memiliki Hutang

Pastikan Anda tidak memiliki hutang ataupun angsuran yang membebani keuangan bulanan Anda, selain itu jika Anda memiliki angsuran apalagi sampai ada yang tertunggak itu akan mempengaruhi penilaian perbankan kepada Anda pada saat pengajuan pinjama berlangsung.

Begitulah tips cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta. Jika ingin berkonsultasi anda bisa menghubungi kami dengan menekan tombol kontak kami dipojok kanan bawah.

2. Gaji 2 juta ingin punya rumah? Ini tipsnya

Sebenarnya cara menabung dan membeli rumah dengan gaji dua jutaan sendiri tidaklah jauh berbeda dengan sesi seblumnya. Hanya saja dengan penghasilan dua jutaan tersebut Anda bisa sedikit menghela nafas lebih panjang karena akan lebih banyak uang yang bisa tabung untuk kebutuhan membeli rumah itu sendiri. Namun itu bukan berarti Anda melonggarkan kontrol Anda terhadap masuk dan keluarnya uang bulanan bukan? Tetap pergunakan uang yang Anda dapat dengan secermat mungkin.

Jika Anda tinggal di kota atau wilayah yang jauh dari kata metropolitan, kemungkinan besar Anda bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memiliki hunian yang terbaik untuk Anda. Inilah tips cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil 2 jutaan.

Katakanlah Anda memiliki penghasilan sebanyak Rp2.500.000,- dan tinggal di Pemalang, Jawa Tengah, Anda bisa menggunakan sebanyak Rp1.300.000,- untuk kebutuhan perhari-hari dan menyisakan uang untuk ditabung sebanyak Rp1.200.000,- dengan jumlah seperti itu Anda masih bisa memiliki kesempatan untuk mengangsur rumah di Kota Bale Agung.

Produk rumah dengan bantuan subsidi pemerintah tentunya masih menjadi pilihan yang paling ideal, di Kota Bale Agung Pemalang Anda bisa mendapatkan rumah subsidi type 36/72 dengan angsuran mulai dari 900 ribuan dan masih menyisakan sekitar 300 ribu yang bisa digunakan baik untuk ditabung kembali yang akan digunakan pada saat darurat maupun bisa Anda gunakan untuk mengisi isi rumah dengan perabotan atau furniture yang Anda gunakan, atau jika Anda merasa tidak ingin membeli rumah subsidi yang bisa dibilang kualitas bangunannya standar saja, Anda bisa membeli rumah non-subsidi juga seperti produk yang ada di Kota Bale Agung. Dibanderol dengan harga 100 jutaan juga Anda sudah bisa mendapatkan rumah dengan produk komersil yang kualitas bangunannya diatas dari rumah subsidi biasa.

Lalu bagaimana dengan angsurannya? Tenang saja, walaupun produk non-subsidi Anda tetap bisa mendapatkan nilai cicilan yang rendah perbulannya yaitu mulai dari 1 jutaan saja selama satu bulan.

Sama seperti sebelumnya, jika Anda sudah menikah dan kebetulan pasangan Anda juga memiliki penghasilan Akan lebih memudahkan jalan Anda untuk memiliki rumah yang Anda idam-idamkan.

Katakan sama seperti sebelumnya, Jika Anda memiliki penghasilan sebesar Rp.2.500.000,- selama satu bulan dan pasangan Anda memiliki penhasilan sebesar Rp.1.500.000,- maka Anda bisa mengalokasikan penghasilan pasangan Anda untuk mengangsur rumah dan mengalokasikan penghasilan Anda untuk kebutuhan harian Anda, dan jangan lupa untuk tetap menabung ya.

Tetap disarankan Anda juga tidak memiliki hutang atau angsuran lain yang bisa membebani keuangan Anda, dan jika memang Anda memiliki angsuran pastikan pembayaran pada bulan-bulan sebelumnya tidak macet atau mengalami penunggakan dikarenakan hal tersebut bisa menjadi batu sandungan yang paling besar pada saat pengajuan peminjaman ke perbankan. Free to call/consult kepada kami jika anda menginginkan dengan gaji 2 juta ingin punya rumah.

3. Cara Gaji 6 Juta Beli Rumah

Pada sesi terakhir ini kita masuk pada tips untuk menabung dan membeli rumah untuk kamu yang berpenghasilan 6 jutaan, dengan penghasilan 6 jutaan Anda memiliki banyak opsi untuk memilih hunian yang Anda inginkan.

Anda hanya harus me-manage keuangan dengan baik. MIsalkan Anda adalah seseorang yang belum menikah dan berpenghasil sebanyak 6 juta perbulannya, Anda bisa mengambil kurang lebih Rp.2.000.000,- untuk kebutuhan sehari-hari dan mengamankan sisa uang dengan nilai kurang lebih 4 juta tersebut untuk ditabung dan sangat disarankan untuk menggunakan rekening khusus sehingga uang yang selama itu Anda tabung menjadi terkendali dan tidak banyak keluar untuk keperluan yang tidak perlu.

Sudah mempunya rumah subsidi? Baca juga Pengalaman Renovasi Rumah Subsidi

Pembelian rumahnya sendiri dengan kemampuan tersebut Anda sudah bisa mendapatkan komersil dengan type 45, seperti produk terbaru kami yang berada di Batang, Bale Agung Residence. Kami menyediakan rumah dengan type 45 dengan angsuran mulai dari angka 3 jutaan perbulannya dan Anda masih menyisakan uang sebesar 1 juta rupiah setiap bulannya  untuk kebutuhan isi rumah atau bisa juga digunakan untuk tabungan darurat.

Selain itu bila Anda memiliki pasangan yang juga bekerja, ruang yang Anda miliki juga semakin banyak untuk tetap bisa memiliki rumah tanpa ada masalah. Pastikan juga Anda tidak memilih rumah dengan angsuran yang malah memberatkan kebutuhan Anda, jangan terpengaruh hal-hal yang emosional. Jangan sampai bukannya membeli rumah dengan perasaan aman malah menjadi beban tersendiri dimasa yang akan mendatang.

Hal-hal yang Harus Dilakukan

Setelah pembahasan panjang tentang cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil diatas kita jadi menyadari bahwa seberapa besarpun penghasilan Anda, yang harus Anda lakukan sebenarnya hanyalah menjaga dan mengontrol keuangan bulanan Anda, selain hal tersebut inilah dia hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum membeli rumah:

a. Mencatat Setiap Keuangan Masuk dan Keluar

Mencatat keuangan bulanan secara rutin merupakan langkah yang sangat krusial. Hal ini berguna sebagai pengingat jika Anda sudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting sebelumnya.

b. Mencari Promo dengan DP Rendah

Tentu saja membeli rumah dengan DP rendah bisa sangat membantu Anda untuk segera mewujudkan impian memiliki rumah. Jika Anda menemukan iklan dengan DP rendah dan lokasi maupun spesifikasinya cocok dengan apa yang Anda inginkan segeralah untuk membeli rumah tersebut seblum harganya naik dan stocknya semakin menipis. Lihat juga promo bale agung.

c. Memanfaatkan Join Income

Jelas, dengan pemasukan yang datang dari dua arah semakin mempermudah jalan untuk memiliki rumah sesuai dengan kriteria idaman Anda. Semakin besar penghasilan yang Anda dapat semakin banyak pula opsi yang bisa Anda dapatkan.

d. Membeli Rumah Subsidi

Manfaatkanlah bantuan subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk Anda. Memang kualitas rumah subsidi tidaklah sebagus rumah non subsidi tapi itu adalh opsi terbaik bagi Anda yang sudah kepingin membeli rumah dengan harga murah namun tetap layak huni.

e. Tetap Hemat

Kontrol dan maintain terus histori keuangan Anda jangan sampai terjadi uang yang harusnya Anda tabung malah menjadi terbuang sia-sia untuk membeli kebutuhan yang sebenarnya belum diperlukan.

f. Tidak Memiliki Hutang atau Angsuran

Hal Ini juga penting, dalam cara membeli rumah dengan gaji kecil jika memiliki angsuran bukan saja akan mempengaruhi penilaian dari pihak perbankan kepada Anda pada saat proses pengajuan, hal ini juga akan membebani rencana keuangan Anda dan tanpa kita sadari hal itu memberikan kita beban psikis kepada kita diwaktu yang akan datang.

Jika memang terpaksa harus mengangsur kebutuhan yang lain pastikan itu akan berjalan dengan lancar dan tidak terjadi adanya tunggakan cicilan karena kemacetan pembayaran yang Anda lalui akan mempengaruhi baik buruknya track record Anda dimata perbankan.

g. Memiliki Dua Rekening yang Berbeda

Memiliki  dua rekening akan membantu memudahkan Anda untuk menabung, mengontrol bahkan menarget jumlah yang harus Anda simpan setiap satu bulannya.

Rekening pertama adalah rekening yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening yang lainnya adalah rekening yang hanya digunakan untuk menabung saja dan tidak boleh memakai isi dari tabungan tersebut bila bukan dalam keadaan yang darurat.

Penutup / Kesimpulan

Itulah dia cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil dari angka 1 jutaan hingga 6 jutaan selama perbulannya. Mari kita rangkum Kembali apa saja yang harus dilakukan agar mimpi kita untuk membeli rumah semakin cepat terwujud.

Gaji Satu Jutaan

Gaji Dua Jutaan

Gaji Enam Jutaan

a. Tidak Membeli Banyak Kebutuhan yang Tidak Penting
b. Membeli Rumah dengan Bantuan Subsidi Pemerintah
c. Membeli Rumah dengan DP Rendah
d. Memanfaatkan Penghasilan yang Datang dari Dua Arah (Join Income)
e. Tidak memiliki Hutang Maupun Angsuran
a. Tidak Membeli Banyak Kebutuhan yang Tidak Penting
b. Membeli Rumah dengan Bantuan Subsisi Pemerintah atau Membeli Rumah Non-subsidi dengan Harga yang Masih Rendah
c.. Membeli Rumah dengan DP Rendah
d. Memanfaatkan Penghasilan yang Datang dari Dua Arah (Join Income)
e. Tidak memiliki Hutang Maupun Angsuran
a. Memanage Keuangan dengan  Baik, Jangan Sampai Kemampuan Anda untuk memiliki Rumah berkurang karena membeli hal-hal yang tidak penting
b. Sesuaikan rumah yang ingin Anda beli dengan kemampuan Anda
c. Pada saat membeli rumah jangan terpengaruh hal-hal yang bersifat emosional seperti warna cat yang menarik maupun bentuk taman yang bagus
d. Memanfaatkan Penghasilan yang Datang dari Dua Arah (Join Income)
e. Tidak memiliki Hutang Maupun Angsuran, jika terpaksa memiliki angsuran jangan sampai terjadi penunggakan

Hal yang harus dilakukan

  • Mencatat Setiap Keuangan Masuk dan Keluar
  • Mencari Promo dengan DP rendah
  • Memanfaatkan Join Income
  • Membeli rumah subsidi atau rumah dengan harga yang masih rendah
  • Tetap Berhemat
  • Tidak meiliki hutang ataupun angsuran

Prinsipnya setiap orang pantas untuk memiliki rumah dan bertempat tinggal sesuai dengan impian mereka.

Berapapun penghasilan yang Anda dapatkan Anda tetap memiliki kesempatan untuk membeli rumah, kuncinya adalah tetap terus mengontrol keuangan Anda dengan telaten dan baik juga jangan lupa untuk berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberikan kemudahan untuk segera memiliki rumah. Terimakasih sekian tips cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil dari bale agung.

1 thought on “Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji Kecil”

  1. Pingback: Biaya Pembangunan Rumah Ukuran 10x15 | Baleagung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami