Jangan Sampai Salah! Ini 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Jangan Sampai Salah! Ini 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Pada saat sekolah kita diajarkan bahwa manusia memiliki 3 (tiga) kebutuhan pokok atau biasa disebut juga kebutuhan primer. Kebutuhan tersebut meliputi  sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal).

Berbeda dengan pakaian dan makanan, tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang berbeda. Bila makanan dan pakaian bisa kita beli kapan saja, maka tidak demikian dengan membeli rumah. Momen membeli rumah bisa dibilang hal yang krusial karena mungkin saja itu hanya bisa dilakukan satu kali seumur hidupnya. Nah, karena sebab itu, inilah 10 tips dalam membeli rumah agar tidak terjadi kekecewaan pada saat rumah telah terbeli nanti.

  1. Hitung dengan teliti

Dikarenakan membeli rumah adalah pembelian jangka panjang, apalagi untuk Anda yang memiliki keluarga muda. Anda harus cermat dan teliti dalam menghitung ongkos dan biaya lainnya yang akan dikeluarkan secara total. Jangan sampai ada hitungan yang terlewat sehingga membuat total biaya yang harus dikeluarkan melebihi anggaran yang kita miliki.

  1. Riset & bandingkan sumber pinjaman

Jika Anda membeli rumah dengan sistem cicilan atau KPR (Kredit Pemilikan Rumah), jangan pernah lelah untuk melakukan riset dan membandingkan tawaran KPR yang disediakan oleh perbankan. Terutama soal skema yang dipilih, apakah menggunakan suku bunga tetap (flat) atau suku bunga fluktuatif, dan pastikan Anda mengetahui besarnya angka suku bunga dari fasilitas KPR tersebut. Jangan pernah ragu untuk bertanya baik kepada pihak perbankan ataupun developer soal fasilitas pinjaman yang bisa diberikan oleh perbankan kepada Anda.

  1. Pastikan Anda memiliki rekam jejak kredit yang baik

Berjalannya proses KPR bisa jadi sangat berbelit dan memakan waktu. Kenapa? Sebab Proses KPR dan pencairan dana bisa terhambat jika Anda memiliki riwayat pelunasan hutang yang buruk sebelumnya. Sangat disarankan untuk segera membayar lunas angsuran tersebut sebelum mengajukan proses KPR ke perbankan.

  1. Bacalah kontrak dengan cermat

Pastikan Anda memahami kontrak atau dokumen lainnya yang disediakan dari peminjam dana maupun dari agen penjual rumah. Hal-hal semacam ini dapat menghindari pihak pembeli dengan pihak developer ataupun perbankan dari salah paham dan diskomunikasi

  1. Survei & pelajari lingkungan rumah

Survei atau cek lokasi merupakan hal yang wajib dilakukan pada saat Anda ingin membeli rumah, karena membeli rumah adalah pembelian jangka panjang, pastikan Anda sudah menyurvei ke lokasi dan mengetahui secara pasti calon lingkungan maupun tetangga Anda nantinya.

  1. Jangan lupakan perangkat rumah

Sisihkan sebagian biaya Anda untuk membeli perangkat dan isi rumah tersebut (perabot, furniture, perangkat elektronik, dll). Poin ini terlihat simple tapi penting. Jangan sampai setelah Anda memiliki rumah tetapi malah tidak bisa mengisinya, untuk kamu yang memiliki keluarga muda belilah isi rumah tersebut secukupnya agar tidak menggangu rencana keuangan.

  1. Jangan pernah menunggu pasar

Pergerakan pasar property tidaklah pasti. Jangan pernah menunggu pasar atau suku bunga turun. Jika Anda menemukan pilihan rumah dengan harga yang cocok dan masuk hitungan, jangan ragu untuk membelinya. 

  1. Lebih besar bukan berarti lebih baik

Memilih rumah pada intinya ialah menyesuaikan.  Jadi jangan terpaku pada ukuran yang besar. Lihatlah lingkungan sekitar dengan baik.

  1. Hindari emosi saat membeli

Jangan terpikat pada hal-hal yang emosional pada saat menentukan hunian baru Anda seperti teras yang bagus, cat dengan warna yang menarik, dan lain-lain yang sifatnya personal. Bagaimanapun juga rumah adalah salah satu bentuk inovasi jangka panjang yang nilainya ditentukan dari banyak hal, bisa lokasi, struktur, fasilitas umum, dan hal lain yang bisa membuat nilai rumah tersebut semakin naik.

  1. Perhatikan garansi kerusakan

Tanyakanlah kepada pihak developer berapa lama masa garansi kerusakan yang diberikan kepada Anda. Contohnya adalah masa garansi yang kami berikan kepada konsumen adalah 3 bulan sejak serah terima, sehingga pembeli merasa puas pada saat menghuninya karena bangunannya bersih dan tidak ada kerusakan.

Perlu diperhatikan juga, jika Anda membeli rumah dengan kondisi siap huni (ready stock), pastikan semua item rumah memiliki kondisi yang baik dan tidak ada kerusakan.

Nah, itulah 10 tips untuk kamu yang memiliki keluarga muda. Pastikan semua poin diatas tidak ada yang terlewat sehingga impian Anda untuk memiliki rumah idaman bisa terwujud.

Sudah seharusnya kita sadar bahwa membeli rumah adalah kewajiban untuk para keluarga muda. Kini Bale Agung Kaligelang 2 hadir di Kota Pemalang dengan tampilan yang modern namun tetap minimalis. Lokasi yang dekat dari sarana pendidikan dan pusat perbelanjaan menjadi nilai tambah yang mendukung naiknya nilai investasi setiap tahunnya. Dapatkan potongan harga dan promo menarik sebelum kehabisan.

Informasi pemasaran hubungi:

0822 6222 5550

1 thought on “Jangan Sampai Salah! Ini 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah”

  1. Pingback: Pengalaman Renovasi Rumah Subsidi , Ini Biaya dan Contohnya! | Baleagung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami