perumahan di pemalang

Pengalaman Renovasi Rumah Subsidi , Ini Biaya dan Contohnya!

Hati-hati renovasi rumah subsidi, bantuannya bisa dicabut loh!

Mungkin sebaris kata tersebut pernah didengar oleh orang orang yang memang sedang menikmati rumah subsidi. Padahal biasanya dibelakang rumah masih kosong dan diharuskan untuk merenovasi bagian belakang yang akan menjadi dapur.

Anggapan ini tak sepenuh benar dan tak sepenuhnya salah. Dari pengalaman renovasi rumah subsidi yang sudah sudah, memang ada beberapa bagian rumah subsidi yang tidak boleh diubah salah satunya adalah bagian depan rumah. Hal ini sudah diatur oleh pemerintah.

Kenapa kok pemerintah ikut campur dalam hurusan hal ini? yap karna rumah subsidi adalah rumah yang diperuntukan untuk warga negara Indonesia yang akan dibantu oleh pemerintah. Bantuan biasanya berupa keringanan bunga sehingga jumlah pembayaran perbulan flat (jumlah pembayaran cicilan tidak berubah tiap bulannya/tidak mengikuti suku bunga Bank Indonesia). Masih bingung mengenai kpr? silahkan baca Pelajari hal ini sebelum ambil rumah secara KPR

Pertama mari kita bahas inilah beberapa aturan dalam renovasi rumah subsidi yang masih diperkenankan.

Renovasi rumah subsidi yang diperbolehkan

1. Membangun di halaman belakang rumah

Nomor satu yang diperbolehkan yaitu membangun di belakang rumah. Biasanya rumah subsidi memang ada kelebihan tanah yang sengaja tidak dibangun oleh pihak developer pada bagian belakang rumah. Tanah kosong ini bisa digunakan untuk direnovasi sebagai dapur, halaman belakang dan lainnya tergantung kebutuhan pemilik. Ini sudah menjadi hak bagi pemilik rumah. Gambaran untuk renovasi rumah subsidi bagian belakang akan ada di bagian contoh renovasi rumah subsidi.

2. Menambahkan Kanopi

Diperkenankan untuk menambahkan kanopi diatasnya pada bagian depan maupun belakang.Hal ini memang sudah menjadi hak atas kepemilakan rumah agar rumahnya nyaman untuk ditempati dan melindungi dari hujan juga sinar terik matarahari yang bisa juga mempertahankan kualitas dan umur rumah. Ada beberapa jenis kanopi antara lain :

  • Kayu
  • Spandek
  • Alderon
  • Polikarbonat
  • Kaca
  • Solar stuff
  • Gogreen
  • Dan Lainnya

Tidak ada batasan akan hal ini, jadi pilihlah sesuai kebutuhan dan keinginan.

3. Menambahkan Pagar

Terbayang jika rumah tanpa pagar mungkin akan jadi mangsa empuk bagi orang orang “bertangan panjang”. Menambah pagar ini malah direkomendasikan. Pagar apapun diperbolehkan, cor maupun stainless. Namun kekinian banyak rumah subsidi menggunakan pagar stainless karna terlihat lega dan elegan. Perlu diingatkan hal yang diperbolehkan adalah menambah pagar bukan menambahkan ruangan dihalaman depan

4. Menambah kamar tambahan

Pengalaman renovasi rumah subsidi dapat menambahkan kamar tambahan, kamar mandi maupun kamar tidur. Mungkin tidak akan luas, namun dengan tatanan/desain yang tepat akan didapatkan kamar tambahan yang nyaman bagi penghuni rumah. Sedikit tips dari pengalaman, warna putih atau warna warna muda akan memberikan kesan yang lega pada rumah tersebut. Namun perlu diperhatikan, tidak diperkenankan untuk menambah ruangan dan atau kamar di bagian depan rumah.

5. Mengubah Warna Cat

Punya warna favorit? Jangan ragu untuk menuangkannya pada warna rumahmu. Rumah subsidi diperkenankan untuk mengubah warna rumah bawaan ke warna yang lain. Mau mejikuhibinung pun bebas, terserah pemilik rumah. Tidak ada batasan dalam hal ini. Mau tau kombinasi pas untuk rumah, anda bisa baca di sini

6. Membuat Halaman

Membuat halaman dibelakang maupun didepan rumah untuk mempercantik dan menyegarkan hunian sangat diperbolehkan. Begitu juga di dalam rumah subsidi. Yang punya hobby tanam menanam tanaman bisa memaksimalkannya di depan maupun belakang rumah.

7. Renovasi atap

Pengalaman membeli rumah subsidi seringkali terjadi kebocoran pada atap. Jika terjadi hal demikian maka atap kamu boleh diganti. Kenyamanan dalam kepemilikan rumah masih menjadi hak pembeli rumah subsidi. Bahkan bila didalam 3 bulan ada kebocoran atau kerusakan, kamu bisa memanfaatkan garansi dari pihak perumahan. Hal ini akan dibahas di akhir artikel.

8. Mengubah septi tank

Pernah terjadi pengalaman teman adanya masalah dalam ukuran septitank rumahnya yang terlalu kecil. Maka dari itu septi tank terpaksa dibongkar ulang dan diperbesar. Ini tidak akan menjadi masalah dan tidak berbentrokan dengan aturan pemerintah. Anda juga bisa meminta untuk memindahkan posisi septi tank.

9. Perbaikan Kerusakan

Jangan takut untuk memperbaiki kerusakan besar ataupun kecil. Bahkan jika umur rumah masih 3 bulanan setelah akad, anda bisa melakukan complain dan hak rumah anda untuk diperbaiki. Biasanya perumahan bersubsidi memiliki kualitas yang agak kurang baik oleh karena itu pilih lah perumahan yang memang mementingkan qualitas dibanding kuantitas. Kami baleagung group selalu memprioritaskan produk yang dihasilkan. Pemilihan bahan berkualitas sebagai pondasi dalam bangunan rumah sudah menjadi hal yang selalu kami lakukan. Terbukti banyak perumahan yang sudah dihasilkan dan sedikitnya keluhan dari kustomer. Lihat selengkapnya tentang baleagung di baleagung.com

Baca juga Jangan Sampai Salah! Ini 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Itulah beberapa point yang masih diperkenankan dalam merenovasi rumah subsidi. Jadi tenang saja apalabila salah satu dari anda telah melakukan renovasi seperti salah satu point yang berada di atas. Dan mungkin ini yang ditunggu-tunggu, berikut adalah hal yang tidak diperbolehkan saat melakukan renovasi rumah kpr subsidi

Renovasi rumah subsidi yang dilarang

1. Mengubah bagian depan

Bagian depan tidak diperkenankan untuk diubah, apalagi menambahkan ruangan pada bagian halaman depan rumah. Tampak depan akan menyelaraskan rumah subsidi sehingga mempermudah pihak bank maupun pemerintah dalam melakukan pengecekan. Namun masih diperbolehkan untuk mengganti bahan dan atau kerangka kaca maupun mengganti pintu.

2. Membuat Lantai 2

Bisa membuat rumah bertingkat? Sudah dipastikan anda tidak berhak untuk memiliki rumah subsidi. Karna rumah subsidi sebetulnya diperuntukan untuk warga yang berpenghasilan Pas dalam artian Menengah kebawah. Jika ingin rumah besar dan nyaman sesuai keinginan anda dapat menggunakan KPR Non Subsidi.

Mencari hunian kpr berlantai 2 yang sejuk dan nyaman? dimana masih banyak perkebunan namun dekat dengan pusat kota? Cek salah satu perumahan di pemalang ini.

3. Merobohkan rumah (rombak habis)

Ada masalah dengan istri? Jangan sesekali merobohkan rumah subsidi anda. Jika hal itu terjadi maka subsidi anda akan dicabut. Tidak berlaku jika rumah anda roboh oleh bencana alam, karna semua rumah subsidi diansurasikan.

4. Luas lebih dari 200 m2

Jika anda menginginkan hunian dengan luas lebih dari 200 m2, maka sangat cocok untuk membeli 2 kapling the premiere pemalang. Rumah 2 lantai ini sangat nyaman dan aman untuk dihuni. Beberapa fasilitas tersedia dalam perumahan elite ini seperti club house/ruang serba guna, jalan dengan luas 6 meter, playground atau tempat bermain anak anak, penjaga keamanan berupa satpam dan cctv 24 jam. Terlebih lagi hunian the premiere dapat dikpr kan di bank manapun. Selengkapnya klik bale agung pemalang the premiere

5. Menjual rumah

Anda diwajibkan untuk melunasi rumah sebelum ingin menjualnya. Take over credit tidak diperkenankan dalam kredit pemilikan rumah subsidi. Salah satu cara memperjual belikan rumah kpr ialah pihak pembeli melunasi dahulu ke pihak penjual dan pihak penjual melunasi ke pihak bank. Namun perlu diketahui, kpr bersubsidi hanya bisa dilakukan sekali seumur hidup.

Ingin membeli rumah untuk investasi? Cari tau disini

6. Tidak ditinggali

Wajib ditinggali, sebab rumah subsidi di prioritaskan untuk masyarakat indonesia yang tidak memiliki atau ingin tinggal dirumah sendiri. Belum bernyali tinggal sendiri? Urungkan niat untuk mengambil kpr subsidi. Karna pihak bank maupun dari pemerintah dapat melakukan survey/pengawasan sewaktu waktu. Hal ini juga dilakukan agar rumah subsidi tidak disalahgunakan untuk sarana berinvestasi.

7. Disewakan

Bidikan rumah subsidi hanya untuk orang yang memang benar mempunyai niatan memiliki rumah bukan dijadikan sebagai sumber penghasil tambahan.

8. Tidak membayar cicilan

Cicilan memang sebuah kewajiban dan bagi pemilik rumah kpr subsidi yang masih aktif, apabila tidak membayar cicilan, selain sanksi dari bank maka subsidipun akan dicabut.

Waspada ya akan 8 point yang disebutkan diatas dalam melakukan renovasi rumah subsidi. Denda terberat adalah subsidi anda dicabut maka kenaikan angsuran akan dibebankan kepada penerima kredit. Selain itu kredit pemilikan rumah bersubsidi hanya dapat dinikmati satu kali seumur hidup, so manfaatkan sebaik baiknya.

DiperbolehkanDilarang
1. Membangun dihalaman belakang rumah
2. Menambahkan kanopi
3. Menambahkan pagar
4. Menambahkan kamar tambahan
5. Mengubah warna cat
6. Membuat halaman
7. Renovasi atap
8. Mengubah septi tank
9. Perbaikan kerusakan
1. Mengubah bagian depan
2. Membuat lantai 2
3. Merobohkan rumah (rombak habis)
4. Luas lebih dari 200 m2
5. Menjual rumah
6. Tidak ditinggali
7. Disewakan
8. Tidak membayar cicilan
peraturan renovasi rumah subsidi

Tetap tenang, semua hal yang tidak boleh dilakukan dari nomor 1 sampai dengan 4, diperbolehkan asal angsuran anda sudah lebih dari 5 tahun. Dan jika anda ingin melakukan nomor 5 sampai dengan 8, diharuskan untuk berkonsultasi dengan pihak bank.

Manfaatkan fasilitas garansi 3 bulan setelah akad. Garansi apa itu? Garansi ini meliputi perbaikan jika ada kerusakan dalam hunian rumah yang anda dapatkan dari pihak developer. Terjadi kebocoran, kerusakan saluran pipa, dan lainnya cuss langsung hubungi pihak perumahan. Bale agung selaku penyedia jaringan perumahan selalu mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Oleh karerna itu, kami selalu cepat tanggap dalam merespon keluhan dari para pembeli. Yuk kenal lebih lanjut dengan baleagung di baleagung.com

Biaya renovasi rumah subsidi

Pengalaman dalam melakukan renovasi rumah subsidi type 36, membuat ruangan dibelakang untuk dapur dibutuhkan biaya sekitar 9 jutaan dan untuk melapisi tanah dengan semen bagian depan dibutuhkan biaya sekitar 1 jutaan. Terakhir biaya renovasi untuk membuat pagar senilai 3 jutaan. Total biaya renovasi rumah subsidi yang harus disiapkan adalah kurah lebih 14 jutaan. Cukup merogoh kocek. Bila tidak mempunyai budget yang cukup, bisa dilakukan satu per satu.

Contoh rumah subsidi yang sudah direnovasi

Dari kumpulan contoh diatas semoga bisa menjadi inspirasi renovasi rumah subsidi. Isi lumayan lengkap dari kegiatan renovasi dapur rumah subsidi sampai mengubah bagian depan menjadi halaman.

Yuk berkreasi, jangan lupa perhatikan peraturannya ya. Sekian informasi mengenai pengalaman renovasi rumah subsidi, semoga bermanfaat. Salam dari baleagung.

2 thoughts on “Pengalaman Renovasi Rumah Subsidi , Ini Biaya dan Contohnya!”

  1. Pingback: Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji Kecil | Baleagung

  2. Pingback: Memilih Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang Sebelum Merenovasi Rumah | Baleagung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami